Sejarah Sepeda Batavus

Disadur dan disingkat dari Buku de oude fiets : Batavus Special Edition, karangan Jos Rietveld dkk, saya translate dengan kemampuan apa adanya… semoga berkenan (Fahmi Saimima)

***

Didedikasikan untuk merek sepeda Batavus Belanda.Perusahaan ini berbasis di Friesland Heerenveen, yang pada tahun 2004 merayakan seratus tahun usianya.

Alasan untuk menulis Batavus adalah, karena belum pernah satupun yang menulis khusus tentang Batavus, padahal merk ini masih bertahan dan telah berusia seratus tahun lebih.

***

Tak kenal maka tak sayang : Batavus

Penjelasan untuk artikel ini mencangkup dari dua keadaan, yaitu ketika Perang Dunia pertama dimana produksi Batavus relatif kecil dan sedikit (pada waktu itu dikuasai oleh merek-merek berkelas seperti Jerman dan Lokomotif).

Lebih penting lagi, menandai waktu ini tidak ada gaya atau model tertentu yang malah mengembangkan desain sendiri, tidak seperti merek lain. Hanya sejak awal tahun limapuluhan Batavus mempunyai ciri khas yang spesifik, yaitu mengeluarkan edisi sepeda sport, yang terbukti sangat sukses.

Meskipun selama bertahun-tahun sepeda Batavus berkualitas baik, namun merk Batavus kurang disukai dimata banyak penggemar sepeda tua belanda dengan alasan kurangnya desain garis khas sepeda belanda dan Batavus tua selalu dalam kondisi yang kusam. Namun demikian patut diulas karena Perkembangan Batavus memiliki aspek yang menarik.

Sejarah Perusahaan

Batavus, perusahaan ini didirikan oleh Andries Gaastra, yang memulai usahanya sebagai pedagang jam tangan dan mesin jahit untuk perang dan juga sepatu, dan dilanjutkan mencoba menjual sepeda Batavus.

1904 – Andries Gaastra (lahir 1880) memulai usahanya bersama sang isteri Dientje pada 15 September 1904 sebuah perusahaan jam tangan dan mesin jahit. Gaastra dilatih sebagai tukang reparasi jam dan sebelumnya bekerja untuk sebuah perusahaan di daerah itu.

Semangat kewirausahaan yang dipimpin dia dan istrinya membentuk sebuah perusahaan swasta, yang terletak di gedung baru di pusat kota Heerenveen. Awalnya mereka mulai dengan satu toko di sini, tapi bangunan ini akan segera menjadi rumah untuk jenis perdagangan barang.

Impor dan dijual kembali (sering untuk grosir) berkembang menjadi bisnis inti, dikombinasikan dengan perakitan sepeda. Tak lama setelah dimulainya perusahaan, Gaastra mulai mengimpor sepeda dari Jerman. Di pasar yang tumbuh cepat untuk sepeda (sekitar seratus tahun lalu, yang penuh persaingan) ada tawaran besar dari Jerman, Perancis dan Inggris, yang kala itu mengabaikan sisi patriotik seorang belanda.

Gaastra bertemu secara teratur di Leipziger Messe dan melakukan bisnis sepeda dengan merk Jerman “Presto” dari Chemnitz. Impor ini berjalan dengan baik, dan pada tahun 1913 ia menjadi importir merek ini.

1909 – Tidak jelas di mana dan tahun berapa sepeda pertama bermerk Batavus dan bernama Batafus pertama dirakit. Pada tahun 1909, nama merek Batafus terdaftar secara hukum.

1911 – Nama merk ini baru beken dan dikenal pada tahun 1911. namun, di bawah merk dagang ini, Gaastra masih menjual mesin jahit dan bagian-bagian sepeda (misalnya lampu karbid). Dalam penelitian kami, semua kasus yang melibatkan artikel yang berasal dari tempat lain, nama atau Batavus Batafus sudah banyak diterapkan.

Masih belum jelas alasan penggunaan simultan dari nama Batavus dan Batafus. Kedua nama yang digunakan berdampingan sejak 1910. Platmerk atau emblem akrab dengan nama Batafus.

1916 – Usaha di bidang perdagangan dan perakitan sepeda berjalan dengan baik pada tahun 1916, kemudian perusahaan mengangkat Gaastra. Diputuskan untuk lebih fokus pada produksi sepeda pada tahun 1917, dan mulai merakit dan membeli sepeda berbahan nikel dari Phoenix di Heerenveen, yang sudah ada sejak 1895. Fasilitas nikel yang dijual sebagai nama merek Phoenix. yang kemudian Mr Strasberg dari Leeuwarden membeli nama ini dan mulai tahun yang sama pabrik Phoenix didirikan di Leeuwarden.

1921 – Pada tahun 1921 Gaastra mempunyai sekitar 20 staf yang dipekerjakan, termasuk beberapa perwakilan yang berkelana ke seluruh negeri. Sebagai perbandingan, saat itu Fongers dan Simplex mempunyai lebih dari tiga ratus karyawan. Meskipun produksi dalam negeri meningkat secara signifikan, hal ini diperkirakan tidak lebih dari beberapa ribu sepeda  per tahun.

http://www.bike-box.dk/mediafiles/produkter/Batavus/batavus_cambridge_deluxe-10-811.jpg

Batavus Cambridge Deluxe

1924 –  Sejak 1924, barulah sepeda merk Batavus digunakan, meskipun hak untuk merek pada tahun 1929 Batafus diperpanjang. Sungguh luar biasa bahwa kami menemukan pada sepeda tua milik Gorredijk, di hub depan, merk Batafus tertera, namun emblem/merkplat nya bernama Batavus. Gaastra mungkin sengaja memversifikasi dan mencari kedua nama bersebelahan.

1928 – Pada tahun 1928, Gerrit Gaastra memimpin departemen produksi langsung. Periode ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari sepeda Phoenix, dan kemudian memproduksi sendiri semua perangkat dengan nama Batavus. ada juga Sub-merek Batavus saat tahun dua puluhan dan tiga puluhan, yaitu : Galvano, Arie Scheffer dan Armada.

1930 – Sekitar 1930 memulai produksi mesin sepeda (moped) tahap pertama (125 cc). Produksi mesin adalah skala kecil dan akan berlanjut sampai sekitar 1950. Dan dimasa tahun tersebut (yang sangat sulit) Batavus malah mencoba memproduksi alat-alat ice skating. Produk ini mencapai penjualan 50.000 unit per tahun. namun Pada tahun 1954, tidak memproduksi lagi.

Juga berkat diferensiasi produk, Batavus di tahun tiga puluhan terus tumbuh dan berkembang, sehingga perusahaan pada tahun 1940 mempunyai 120 jumlah staf. Selama tahun-tahun perang, banyak karyawan dipindahkan ke Jerman. Produksi di Heerenveen perlahan-lahan terhenti.

1945 – Pada tahun 1945 hanya ada 30 karyawan di pabrik. Kemudian  pendiri perusahaan, Gaastra meninggal pada tahun yang sama dan kepemimpinan beralih ke putranya Hans. Pada tahun-tahun sesudah perang, produksi secara bertahap dilanjutkan, dengan kelangkaan bahan merupakan faktor penghambat yang serius.

1949 – Pimpinan perusahaan memutuskan pada tahun 1949 untuk memulai produksi sepeda motor. Model ini diperkenalkan Bilonet (disebut juga moped) yang kemudian menjadi sukses besar.

1950 – Pada tahun 1950 Hans Gaastra meninggal dalam kecelakaan mobil. kemudian digantikan oleh anaknya, Di bawah kepemimpinannya perusahaan akan menyebarkan percepatan pertumbuhan dan membuat lompatan ke puncak industri sepeda Belanda. Awal lima puluhan, tidak hanya meningkatkan produksi sepeda, produksi moped pun untung besar.

1954 – Pada tahun 1954 perusahaan malah memutuskan membangun pabrik baru di desa Oudeschoot diselatan Heerenveen. Ini pabrik baru, dengan luas sekitar 6.000 meter persegi, dibuka pada tahun 1956. Perusahaan ini sekarang memiliki 350 karyawan, namun masih lebih kecil daripada pesaing lainnya seperti Simplex dan Gazelle.

1958 – Perusahaan ini melakukan sebuah akuisisi besar-besaran pada tahun 1958 dengan membeli merek Bato di Tiel. Merek Batavus memiliki reputasi tertentu untuk model sportfietsen.  Merek ini pun mempertahankan dan model sportfietsen yang membuatnya sangat terkenal. Batavus merupakan salah satu merek pertama yang berfokus pada segmen sport. Sementara mengendarai dengan ukuran roda yang lebih kecil dan sistem kinetik Periode akhir lima puluhan mulailah dengan ekspor sepeda Batavus ke Amerika Serikat dan Indonesia.

Produksi terus tumbuh, tetapi pada awal tahun enam puluhan banyak produsen umengalami masalh soal gaji. pada tahun 1963 Gazelle dan Batavus memutuskan untuk bergabung dengan alasan efisiensi. Namun, perbedaan pendapat antara diantara eksekutif mereka membuat merger ini dibubarkan lagi pada bulan Juli 1965, Era ekspansi akhirnya tiba dan di tahun enam puluhan peta perubahan industri sepeda Belanda berubah secara dramatis.

Batavus Favoriet Classic – The 2009 Favoriet is essentially the 2008 Old Dutch 3speed in a classed up livery. Like the 2009 Old Dutch, the Favoriet is a classic Dutch bike with coaster brakes, only the Favoriet features the 3speed internal gear hub. A best seller!

1967 – Perusahaan terus tumbuh dan kemudian pada tahun 1967 memulai produksi furnitur baja untuk rumah sakit, yang aktivitas dihentikan lagi pada tahun 1975.

1969 – Pada tahun 1969 Batavus mengakuisisi Magnet di Weesp, pada tahun 1970 Batavus juga mengakuisisi Group PFG (Phoenix, Fongers, Germaan).

Dengan akuisisi ini, semua pabrik terkonsentrasi di Heerenveen. Dan dengan akuisisi inilah yang akan Batavus salah satu produsen terbesar di Belanda. bahkan produksi Moped dalam periode ini mencapai puncaknya, sekitar 70.000 unit per tahun.

1971 – Pada tahun 1971, perusahaan ini bergabung dengan kelompok Laura Limburg. Diharapkan dengan cara ini perusahaan lebih luas dan maju. Sementara itu, perusahaan memiliki luas lantai 24.000 meter persegi. Ada rasionalisasi terus-menerus dari produksi, yang diperlukan dalam pasar yang sangat kompetitif untuk bertahan hidup.

1974 – Pada tahun 1974 Gerrit Gaastra berhenti dari perusahaan dan mengakhiri hegemoni Gaastra. Pada tahun yang sama diluncurkan pabrik Batavus dengan perusahaan baru Koga Miyata oleh sang cucu Andrew (yang ‘pergi’ dari Gaastra). Tahun ini, perusahaan memiliki sekitar 650 karyawan.

1978 – Pada tahun 1978, Batavus memiliki club sendiri dengan majalah sendiri, “Berita Batavus”.

1979 – Pada tahun 1979, peringatan 75-tahun. Perusahaan ini sekarang membuat sekitar 250.000 sepeda per tahun, sementara produksi sepeda motor telah menurun menjadi 12.000 unit.

1984 – Sementara itu, produksi sepeda motor semakin turun pada tahun 1984. Kebalikannya, tahun ini produksi sepeda menghasilkan angka: Lima Juta unit.

1986 – Hal ini tidak baik dengan kondisi perusahaan, yang mengarah ke kebangkrutan pada tahun 1986. Setelah dimulai lagi dengan 200 karyawan. produksi di awal tahun delapan puluhan.

1987 – Dipimpin oleh Hans Wezenaar, perusahaan sejak tahun 1987 sebagai bagian dari Kelompok Siklus Atag memiliki pertumbuhan yang kuat.

1994 – Pada tahun 1994, dirayakan pesta ulang tahun ke sembilan puluh di stadion es Thialf.

1997 – Pada tahun 1997 Gerrit Gaastra meninggal pada usia 88 tahun.Pada tahun yang sama, lebih dari perhatian pada fakta bahwa Batavus memproduksi 8.000.000 sepeda.

1998 – Pada tahun 1998, Grup Accell membentuk perusahaan yang terdaftar independen. Batavus mengakuisisi: Koga Miyata, Hercules, Lapierre, Winora, Hadee, HUNLAND, Mercier dan Sparta (1999). Baru-baru ini merek Swedia Kronan juga diakuisisi oleh Batavus.

Batavus sudah seratus tahun lebih bertahan dalam kondisi yang baik dan menjadi salah satu merek terkemuka di Belanda serta menjadi bagian dari produsen sepeda terkemuka di Eropa.

***

Sumber: Buku de Oude Fiets
Judul:  Batavus Special Edition

***

Special Thanks to:

Pengarang : Jos Rietveld dan kawan-kawan
Translator/Uploader: Fahmi Saimima

***

Editor/Forwarder: SpedaOntel.wordpress.com

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Merk Sepeda Tua. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Sejarah Sepeda Batavus

  1. yudhi "bo'im" berkata:

    mohon penjelasan untuk no rangka sepeda batavus, trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s