Insulinder si “Onthel Tandem Jadul” milik Pak Yulianto

Mau tahu onthel tandem jaman dulu? beda dengan sepeda sekarang. Jika tandem sekarang, posisi pengendara depan-belakang, maka onthel yang satu ini, posisi pengendaranya bersebelahan.

Insulinder, merek onthel ini, buatan Belanda tahun 1920-an. Yang empunya, Yulianto, warga Kendal. Onthel ini dipajang di pameran Pit Onthel 2010 Indische Fietsen, di Bentara Budaya Yogyakarta.

Sebelumnya si onthel juga mejeng di Museum Vredeburg. Tahun 2010 hadir di Senayan Jakarta, tahun 2011 kembali ke Museum Vredeburg Yogyakarta.

Si empunya tidak menyebut berapa duit mesti dirogoh untuk menebus pit yang ekstra langka ini, dulunya. “Namun barangkali ini satu-satunya onthel tandem di Indonesia yang bentuknya gini,” ujarnya.

Saat pameran di Senayan, Jakarta.

Saat pameran di Senayan, Jakarta.

Mari tengok si Insulinder. Remnya berupa tuas yang dihentak tangan yang menggerakkan batang rem ke roda depan. Karet rem mencium ban luar roda depan onthel. Di antara dua sadel, dipasang alat pres roda. Gunanya, untuk menambal ban.

Lantas memakainya bagaimana? Harus dua orang, dan berat badannya seimbang tentunya. Jika satu pengemudi, sepeda ya oleng. Lantas, siapa pegang kemudi jika stangnya ada dua buah? Ya tergantung kesepakatan antardua pengendara. Waduuuh... (Kompas)

SpedaOntel.wordpress.com

Pos ini dipublikasikan di Kisah Onthelist, Merk Sepeda Tua. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s