Korea Utara larang perempuan naik sepeda

korea-utara-larang-perempuan-bersepedaPemimpin Korea Utara Kim Jong-un kembali menetapkan larangan bagi perempuan untuk mengendarai sepeda.

Situs globalpost.com melaporkan, Kamis (17/1), aturan itu sebetulnya pernah diterapkan oleh Kim Jong-il, ayah Kim Jong-un ketika dia berkuasa.

Kini anaknya kembali memberlakukan aturan itu setelah tahun lalu dia mencabut larangan itu.

Kim Jong-il menerapkan aturan larangan itu pada pertengahan 1990-an ketika putri seorang jenderal yang merupakan wakil ketua Komisi Pertahanan Nasional tewas saat mengendarai sepeda di Ibu Kota Pyongyang.

Seorang sumber tidak disebutkan namanya yang berasal dari Kota Hoiryeong di Provinsi Hamkyung Utara menyatakan pada surat kabar Korea Utara, aturan pelarangan itu kembali diterapkan pekan lalu. “Sehari setelah diberlakukan, petugas Keselamatan Masyarakat berpatroli di seantero kota,” kata dia.

Mereka tidak hanya menghentikan perempuan yang sedang mengendarai sepeda tapi juga melarang perempuan membawa beban berlebih di keranjang depan sepeda.

Surat kabar Korea Utara itu menyebutkan sepeda merupakan alat transportasi yang cukup diandalkan di negeri miskin dan kekurangan gizi itu ketika rakyat tidak mampu membeli motor atau mobil. (globalpost.com/Pandasurya Wijaya/merdeka)

Pos ini dipublikasikan di Info dan Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s