Bandung Lautan Onthel Diikuti Lima Negara

blo-3 header

Bandung Lautan Onthel Diikuti Lima Negara

blo 2013 headerBandung – Para penggemar sepeda onthel atau sepeda kayuh tua dari lima negara kumpul pada ajang Bandung Lautan Onthel 2013 (BLO 2013) yang digelar di Lapangan Gasibu Kota Bandung.

Kegiatan yang akan berlangsung hingga Minggu (24/3/2013) itu dihadiri perwakilan penggemar sepeda kayuh tua alias onthelis dari Malaysia, Singapura, Prancis, Belanda, dan tuan rumah Indonesia.

BLO logo 2013_Bandung-Lautan-OnthelMeski suasana silaturahmi para penggemar sepeda tua itu sempat terganggu hujan deras yang turun di kawasan Bandung Raya, namun tidak menyurutkan antusiasme mereka berkumpul dan menikmati suasana pertemuan onthelis internasional itu.

“Bandung Lautan Onthel ajang rutin yang digelar tiga tahun sekali, dan kali ini dihadiri sekitar 10.000 onthelis dan rencananya akan melakukan pemecahan rekor,” kata Koordinator Acara Bandung Lautan Onthel, Rocky Affandi, di Bandung, Sabtu.

Para pecinta sepeda kayuh di ajang BLO tersebut ikut dalam konvoi dan pawai obor yang akan digelar pada Sabtu malam ini yang melibatkan ribuan warga Kota Bandung.

Ribuan pecinta sepeda kayuh hadir membawa sepeda tua masing-masing berkumpul di lapangan yang dipasang tenda-tenda ukuran besar.

blo-3 2013 guestsSepeda tua berbagai merek dan tahun keluaran yang berbeda-beda dipajang atau dipamerkan di kawasan itu.

Termasuk pula peserta dari luar negeri cukup antusias bersosialisasi dengan peserta lokal yang tergabung dalam berbagai perkumpulan sepeda tua.

Para peserta dari Malaysia bahkan tidak sabar dan menggelar konvoi keliling Gedung Sate Bandung dan beberapa jalur lainnya di kawasan itu. Mereka mengendarai sepeda kayuh menggunakan pakaian khas melayu lengkap dengan aksesorisnya.

“Meski tadi hujan, namun kami bisa menikmati suasana dingin di sini. Kami senang bisa bertemu teman-teman penggemar sepeda kayuh di Indonesia,” kata Abdul Rahman, salah seorang peserta dari Malaysia saat ditemui di Jalan Cimandiri belakang Gedung Sate Bandung.

BLO-3 Bandung 2013 - 01

Inti acara yang akan dihelat di Bandung ini banyak memamerkan sepeda ontel dari Indonesia dan mancanegara.

Bandung, Jawa Barat, akan menjadi tuan rumah acara tiga tahunan “Bandoeng Laoetan Onthel” pada 23 – 24 Maret 2013. Dalam acara ini, Bandung dinantikan jadi lautan sepeda, baik klasik maupun modern.

Sesuai dengan judul acaranya, inti acara akan banyak memamerkan sepeda ontel dari Indonesia dan mancanegara. Termasuk dengan melibatkan klub pecinta ontel Nusantara dan beberapa kolektor dari Belanda, Inggris, dan Kelab Basikal Tua dari Malaysia.

Dalam acaranya sebelumnya pada tahun 2010, event dihadiri 5.000 ontelis dari dalam dan luar negeri. Tahun ini, jumlahnya diprediksi meningkat karena semakin banyaknya warga masyarakat yang menaruh minat pada sepeda klasik.

https://i2.wp.com/nationalgeographic.co.id/media/daily/300/0/201303081244310/n/akhir-maret-2013-bandoeng-laoetan-onthel.jpg

Ontel (Aditya Wahyu/Fotokita.net)

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan bagi para pesepeda modern untuk turut berpartisipasi. Direncanakan, aktivitas yang dilakukan tahun ini mencakup balap sepeda ontel, tur dan parade kota, panggung hiburan, dan beragam penampilan tradisional dari negeri Jawa Barat.

Acara ini sendiri diorganisir oleh Paguyuban Sapedah Baheula Bandoeng West Java Indonesia. Tujuan utamanya bukan hanya sebagai wadah pertemuan antarpecinta sepeda, tapi juga mempromosikan indahnya meng-gowes.

Bersepeda dianggap bukan lagi olahraga, namun gaya hidup. Dalam dunia yang makin pengap dengan polusi dari kendaraan bermotor, sepeda adalah alat transportasi yang paling ramah lingkungan dan menyehatkan badan. (Editor: Ade Marboen/Antara News © 2013, sumber: National Geographic Indonesia via: Zika Zakiya. Sumber: Wonderful Indonesia)

(SpedaOntel.wordpress.com)

 

blo-3 2013 guests

SpedaOntel.tk
SepedaOnthel.tk
SpedaOntel.wordpress.com

Pos ini dipublikasikan di Event Acara. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s