[VIDEO] Helikopter Tenaga Manusia: Digowes Melayang, Menang Sikorsky Prize $250.000

helikopter-tenaga-manusia-00

Wow!! Akhirnya, Helikopter Bertenaga Manusia ini Berhasil Memenangkan Sikorsky Prize Senilai US$ 250,000

Setelah lebih dari 30 tahun tanpa pemenang, akhirnya helikopter pertama bertenaga manusia ini berhasil memenangkan Sikorsky Prize.

Kompetisi AHS Igor I. Sikorsky Human Powered Helicopter Competition ini didirikan pada tahun 1980, dalam mencari penerbang helikopter pertama bertenaga manusia.

helikopter-tenaga-manusia-05

Syarat dan Ketentuan Kompetisi

Syarat dari kompetisi ini adalah, helikopter harus mencapai ketinggian 3 meter sambil melayang stabil setidaknya selama satu menit di daerah tak lebih menyimpang sejauh sepuluh meter persegi.

Hadiah kompetisi sebesar US$ 250.000 sebelumnya tidak pernah diberikan, berbagai insinyur yang kreatif telah mencoba dan selalu gagal untuk memenuhi kriteria.

“AHS Sikorsky Prize menantang komunitas teknis untuk memanfaatkan kerja sama tim, keterampilan teknis, dan teknologi canggih untuk memenuhi persyaratan untuk kelayakan terbang,” kata Mike Hirschberg, AHS International Executive Director, dalam sebuah pernyataan.

Kali pertama dalam bidang Aeronautika Aerovelo yang didanai melalui crowd funding Kickstarter, mengkonfirmasi bawa helikopter bertenaga manusia miliknya, bernama Atlas, telah memenangkan kompetisi bergengsi ini.

helikopter-tenaga-manusia-01

Helikopter bertenaga manusia pertama di dunia yang akhirnya berhasil diterbangkan oleh seorang insinyur Kanada ini telah memenangkan hadiah Sikorsky Prize setelah melakukan penerbangan beberapa menit pada ketinggian 3,3 meter yang digerakkan hanya oleh seorang “pilot” yang mengayuh sebuah sepeda yang telah dimodifikasi.

Berawal dari tim University of Toronto AeroVelo yang membuat helikopter bernama Atlas untuk melawan tim dari Universitas Maryland. Namun akhirnya universitas Toronto Kanada yang memenangkannya. Puluhan siswa dari tim Toronto terlibat dalam proyek ini.

Cara Kerja Helikopter Tenaga Manusia

Helikopter tenaga manusia bernama Atlas ini berukuran 47 meter dan beratnya hanya 54 kilogram, terdiri dari pipa-pipa serat karbon super ringan yang menghubungkan kendaraan empat rotor ini kepada sebuah sepeda yang telah dimodifikasi.

Helikopter mendapat daya gerak dari kekuatan fisik pilot untuk tetap berada di udara. Todd Reichert, yang terbang dengan kendaraan udara yang telah direkayasa ini, menjelaskan kepada The Ottawa Citizen bahwa “Ketika Anda menggenjot atau memutar kaki Anda, maka Anda akan memutar rotornya. Ini sangat membutuhkan banyak latihan dalam mengontrol mental dan fisik, sekaligus sebagai usaha akhir adalah kemampuan fisik habis-habisan.”

helikopter-tenaga-manusia-02

Dia mengatakan bahwa terbang dengan Atlas adalah “perasaan yang sangat luar biasa”. Dia juga menambahkan bahwa “ini bukan sesuatu yang akan anda bawa pergi bekerja dalam waktu dekat, tapi ini adalah benar-benar latihan yang mungkin akan menguras dan mendorong hingga batas fisik manusia, dan apa yang dapat Anda lakukan ini karena bahan ringan dan desain yang benar-benar kreatif. “

“Dengan memenangkan hadiah ini maka telah mengilhami tim kami dari Kanada untuk terus melakukan apa yang mereka sukai, sementara itu juga akan menginspirasi orang lain untuk mengejar ide-ide besar lainnya,” kata Reichert.

Lebih dari setahun telah dihabiskan untuk mengembangkan helikopter Atlas ini, yang telah menghadapi banyak rintangan dan mengalami banyak perubahan sepanjang jalannya.

helikopter-tenaga-manusia-03

Tim insinyur dibidang struktur, Cameron Robertson, mengatakan dia berharap bahwa ini dapat mengilhami tidak hanya sesama tim Kanada, tetapi juga warga dunia untuk melakukan lebih banyak dengan material paling sedikit.

David Zingg, seorang profesor dari Universitas Toronto jurusan teknik mengatakan kemenangan itu adalah “prestasi teknologi yang besar, membutuhkan kecerdikan, pengetahuan, dan pengalaman di sejumlah bidang teknis yang menantang”. Dia menambahkan bahwa “Todd dan Cameron telah memberikan inspirasi yang luar biasa untuk insinyur muda baik di Kanada dan di seluruh dunia. “

helikopter-tenaga-manusia-04

Todd Reichert dan Cameron Robertson memulai AeroVelo sebagai tim yang diarahkan untuk mengembangkan helikopter pemenang penghargaan ini dan juga kendaraan bertenaga manusia lainnya. Ini adalah harapan mereka bahwa proyek tersebut akan segera menjadi kendaraan alternatif atau pesaing kendaraan yang secara eksklusif masih mengandalkan pembakaran berbahan bakar fosil.

Tim ini telah memiliki kemenangan lainnya, yaitu 2010 human-powered ornithopter, yang mereka namai “Snowbird.” Penemuan kendaraan yang dapat mengepakkan sayapnya untuk tinggal di udara, menjadi kendaraan pertama yang terbang bagai burung dan akan diterbangkan oleh manusia.

Kita langsung lihat saja aksi helikopter tenaga manusia yang bisa terbang dengan cara dikasyuh seperti sepeda dalam tayangan video berikut ini.

Atlas: AHS Sikorsky Prize Flight (uncut)

Atlas Human-Powered Helicopter – AHS Sikorsky Prize Flight

-Spedaontel.wordpress.com-

Pos ini dipublikasikan di Info dan Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s