Naik Sepeda Sebabkan Pria Mandul

sepeda bungkuk

Bersepeda seringkali dikaitkan dengan penyebab pria menjadi tidak subur. Apakah ini hanya mitos atau memang ada penjelasan medis mengenai olahraga bersepeda yang menjadikan pria tidak subur?

Anda mungkin pernah mendengar bahwa bersepeda dapat membuat pria menjadi tidak subur. Sebenarnya penyebab utama infertilitas pada pria adalah jumlah sperma yang rendah. Namun Ada penyebab lain yang dapat menyebabkan infertilitas.

Sebuah studi mengenai infertilitas dan olahraga sepeda dilakukan oleh sebuah sekolah kedokteran di Universitas Cordoba di Spanyol. Mereka menemukan bahwa pengendara sepeda lebih cenderung menunjukkan tanda-tanda sperma yang abnormal dan sperma rendah, terutama bagi mereka yang sering melakukan perjalanan dengan sepeda dalam jarak yang cukup jauh, demikian yang dilansir Livestrong.

Para peneliti yang melakukan penelitian percaya bahwa alasan utama antara bersepeda dan infertilitas adalah suhu elevasi karena pakaian yang ketat, atau ada faktor lain juga, seperti gesekan pada jok sepeda atau tekanan pada pengaman organ vital yang dikenakan. Tekanan pada pengaman ini dapat menyebabkan kemandulan akibat kerusakan saraf sensitif dan pembuluh darah.

Duduk di kursi sepeda untuk waktu yang lama dapat mengurangi suplai darah ke penis sebanyak 70 persen, selanjutnya, naik sepeda terlalu lama juga dapat menyebabkan penis dan skrotum mati rasa, masalah ejakulasi dan gangguan fungsi kemih.

Umumnya gangguan infertilitas ini dikhawatirkan terjadi pada para atlet sepeda. Bagi Anda yang hobi naik sepeda, Anda tidak perlu cemas, Anda bisa mencegah hal ini terjadi dengan memilih jok sepeda yang nyaman atau yang dirancang khusus dengan permukaan yang lebih luas atau dengan satu alur di tengah jok Anda. (ina, sumber)

SpedaOntel.wordpress.com

Pos ini dipublikasikan di Info dan Berita dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s