Berhaji Karena Sepeda Onthel

Orang Surabaya menyebut sepeda ontel dengan sepeda pancal. Sepeda yang dipancal, alias dikayuh. Tulisan ini sedikit bercerita tentang kekuatan niat dan usaha dalam sebuah rencana menunaikan ibadah haji. Insya Allah akan menginspirasi Anda.

Alkisah, Pak Badri adalah seorang yang tidak memiliki pekerjaan tetap. Apa saja beliau kerjakan. Asal halal dan sedikit menghasilkan untuk menyambung hidupnya.

Kemana-mana Pak Badri naik sepeda pancal. Satu-satunya transportasi murah yang dimilikinya. Ketimbang naik lin atau angkot yang ongkosnya lumayan mahal.

sepeda ringsekMeskipun bukan golongan orang berpunya, Pak Badri memiliki niat dan semangat yang sangat luar biasa untuk bisa pergi menunaikan ibadah haji.

Segala tindakan, pekerjaan, dan amalannya didedikasikan untuk dirinya bisa menunaikan ibadah yang merupakan penutup rukun Islam.

Begitu mendalamnya niat Pak Badri hingga afirmasi-afirmasi itu sedemikian dalam menancap di otaknya. Dari situlah peristiwa cukup menyedihkan itu terjadi. Karena terlalu memikirkan tentang ibadah haji, Pak Badri suatu hari melamun saat tengah naik sepeda pancalnya.

Akhirnya terjadilah kecelakaan. Pak Badri tertabrak sebuah mobil sedan mewah. Tubuh Pak Badri terluka dan berdarah-darah.

Dari situ pula keadilan Allah terpaparkan. Ternyata yang menabarak Pak Badri ini adalah seorang saudagar kaya raya yang low profile dan baik hati.

Mengetahui kisah hidup Pak Badri, beliau tanpa berpikir panjang lagi memberi hadiah kepada Pak Badri biaya untuk menunaikan ibadah haji. Subhanallah! Sungguh, nasib dan jalan hidup manusia tidak bisa disangka-sangka.

Hingga sekarang Pak Badri terkenal dengan julukan “Haji Sepeda Pancal“. Makna di balik cerita ini sesungguhnya adalah: Jika Anda ingin pergi menunaikan ibadah haji, maka kuatkanlah niat Anda, Anda pasti bisa mencapainya dengan izin Allah. (sumber).

– SpedaOntel.wordpress.com –

Pos ini dipublikasikan di Kisah Onthelist. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s