Sepeda Onthel Rp.45 Juta Buatan Inggris Tahun 1914 Dipamerkan di Gresik

Sunbeam 1914

Sunbeam 1914

Sepeda onthel buatan Inggris tahun 1914, mewarnai rapat koordinasi nasional Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) di Sarana Olah Raga (SOR) PT Petrokimia Gresik, Minggu (22/12/2013).

Sepeda onthel tua tersebut milik Mardi (56), warga Desa Mlirip, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, yang dibelinya dari Inggris pada 2012 seharga Rp 45 juta.

Untuk membeli sepeda onthel tua tersebut Mardi awalnya membuka laman online di oldbike.eu. Sebuah laman yang menawarkan sepeda onthel paling kuno.

“Dari tawar-tawar di media online itu akhirnya terjadi kesepakatan dan dikirim ke Indonesia dengan harga Rp 45 jutan,” kata Sekretaris Pasomo, Ramaprasetya Kusuma (31), saat menunggu pameran sepeda onthel.

Sepeda onthel tua tersebut, mempunyai merek Golden Sun Beam dibuat tahun 1914 buatan Inggris, nomor rangka 126607, ukuran 55 sentimeter.

“Semuanya masih utuh, catnya masih orisinil dan ini satu-satunya di dunia yang masih terawat. Usianya sudah 99 tahun. Sepeda hanya dipakai saat ada pertemuan dan jalan-jalan di Alun-alun Mojokerto,” imbuhnya.

sun beam 1914 02

Menariknya, sepeda ini mempunyai gear depan yang bisa difungsikan dalam tiga kecepatan yaitu pelan, agak pelan, dan kencang. “Fungsi gear itu seperti sepeda balap yang bisa dipindah-pindahkan. Tapi gear itu ada di bagian depan,” jelasnya.

Begitu juga dengan lampu penerangan yang masih orisinil. Lampu penerangan menggunakan bahan bakar minyak tanah. Ada dua lampu penerangan, satu di depan dan satu lagi ada di belakang kanan di atas gear belakang.

https://i0.wp.com/www.kosti.or.id/wp-content/uploads/logo-sepeda-sunbeam1-150x150.pngSejak didatangkan dari Inggris, pada 2012 yang lalu, sampai saat ini belum mengganti onderdilnya. Kemungkinan untuk mencari onderdilnya akan kesulitan sebab pabriknya tidak menyediakannya dan sudah memproduksi sepeda pancal yang baru.

“Mungkin onderdilnya kesulitan, jadi harus hati-hati. Jika ada onderdilnya juga pasti sulit,” jelasnya.

Yang penting, lanjutnya, dalam sepeda onthel tua yaitu perawatan rantai agar tidak berkarat. “Ban masih asli dari Inggris. Selama di Indonesia belum mengganti ban,” jelasnya.

Mardi menambahkan, perawatannya sepeda tersebut tidak sulit, cukup dibersihkan dan kadang-kadang dibawa jalan-jalan biar tidak berkarat.

Sementara Paguyuban sepeda kebo Gresik (Pasekgres) juga memamerkan sepeda ontel tua yaitu buatan Swiss Military diproduksi tahun 1929, dan Gazelle Frame yang diproduksi tahun 1920. (tribunnews)

SpedaOntel.wordpress.com

Pos ini dipublikasikan di Kisah Sepeda Tua. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s