Hovenring, Jembatan Penyebrangan Khusus Sepeda Pertama di Dunia

https://i2.wp.com/www.mobgenic.com/wp-content/uploads/2014/03/jembatan-sepeda-hovenring-belanda-1-640x290.jpg

Hovenring adalah jembatan melingkar khusus untuk sepeda pertama di dunia. Sesuai dengan namanya, bisa ditebak jika jembatan unik ini terletak di Belanda.

Berada di antara kota Eindhoven, Veldhoven dan Meerhoven, nama dari Hovenring diambil dari ketiga kota tersebut “Ring of Hoven”.

Ide untuk membangun jembatan khusus sepeda ini mulai muncul pada tahun 2008 ketika lalu lintas secara signifikan tumbuh di jalan raya antar kota dan jalanan tidak lagi ramah terhadap pengendara sepeda.

https://i1.wp.com/www.mobgenic.com/wp-content/uploads/2014/03/jembatan-sepeda-hovenring-belanda-11.jpgUntuk mengatasi masalah ini dewan kota kemudian segera memutuskan untuk mengubah jalan raya menjadi persimpangan jalan biasa untuk lalu lintas mobil.

Namun untuk jalur sepeda mereka memutuskan untuk membuat sebuah proyek yang juga akan berfungsi sebagai sebuah ikon kota. Jembatan Hovenring dirancang oleh biro arsitek IPV Delt.

Tiang utama memiliki ketinggian 70 meter dengan kabel yang menyangga sebanyak 24 kabel dan lantai jembatan yang berbentuk lingkaran yang terbuat dari 1.000 ton baja.

Pembangunan konstruksi jembatan dimulai pada 11 Februari 2011 dan pertama kali dibuka pada 30 Desember 2011.

Namun jembatan khusus sepeda ini pernah terpaksa harus ditutup kembali akibat getaran tak terduga di dalam kabel yang disebabkan oleh angin.

Setelah dilakukan penelitan, kemudian dilakukan pemasangan dua jenis peredam yang dipasang pada kabel untuk meredam masalah getaran. Hovenring dibuka kembali untuk umum pada tanggal 29 Juni 2012.

https://i1.wp.com/www.mobgenic.com/wp-content/uploads/2014/03/jembatan-sepeda-hovenring-belanda-3.jpg

Salah satu yang menarik dari Hovenring adalah sistem pencahayaannya. Pada saat malam, jembatan ini terlihat sangat cantik berkat tata cahaya.

Elemen pencahayaan Hovenring terdapat pada lantai yang berbentuk melingkar seolah seperti berada pada lantai dansa (dance floor).

Pencahayaan juga terdapat pada pagar sekeliling, yang bertujuan untuk menerangi wajah supaya pengendara satu dengan lainnya dapat saling mengenali.

Hovenring adalah sebuah konsep eksperimen, inilah bentuk dari jembatan yang dihususkan bagi pengendara sepeda.

Belanda adalah salah satu kota yang sangat memperhatikan pengendara sepeda, tidak heran jika banyak fasilitas sepeda yang menakjubkan terutama di kota-kota besar Belanda. (hovenring.com).

https://i2.wp.com/www.mobgenic.com/wp-content/uploads/2014/03/jembatan-sepeda-hovenring-belanda-4.jpghttps://i0.wp.com/www.mobgenic.com/wp-content/uploads/2014/03/jembatan-sepeda-hovenring-belanda-5.jpghttps://i0.wp.com/www.mobgenic.com/wp-content/uploads/2014/03/jembatan-sepeda-hovenring-belanda-8.jpghttps://i1.wp.com/www.mobgenic.com/wp-content/uploads/2014/03/jembatan-sepeda-hovenring-belanda-2.jpghttps://i0.wp.com/www.mobgenic.com/wp-content/uploads/2014/03/jembatan-sepeda-hovenring-belanda-9.jpghttps://i1.wp.com/www.mobgenic.com/wp-content/uploads/2014/03/jembatan-sepeda-hovenring-belanda-10.jpghttps://i2.wp.com/www.mobgenic.com/wp-content/uploads/2014/03/jembatan-sepeda-hovenring-belanda-7.jpghttps://i1.wp.com/www.mobgenic.com/wp-content/uploads/2014/03/jembatan-sepeda-hovenring-belanda-1.jpg

VIDEO – Hovenring Eindhoven (the Netherlands)

SpedaOntel.wordpress.com

Pos ini dipublikasikan di Info dan Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s