[VIDEO] Sepeda Tanpa Hub Ini Bisa Dilipat Sebesar Payung

sepeda-lipat-tanpa-hub-sebesar-payung-4

Kebanyakan sepeda pada masa kini banyak ragam dan macamnya dan itulah yang membuat perusahaan sepeda saling berlomba untuk membuat konsumen tertarik, terutama dalam desain dan teknologi.

Untuk membuat sebuah sepeda menjadi sepraktis mungkin, adalah salah satu yang selalu menjadi tantangan untuk menelurkan sebuah ide dari kebanyakan perancang sepeda di dunia.

sepeda-lipat-tanpa-hub-sebesar-payung-1Pada beberapa dekade lalu, salah satu untuk membuat praktisnya sebuah sepeda adalah dengan cara melipat rangka sepeda, yang kita kenal sebagai “sepeda lipat” atau “folding bicycle“.

Namun masalah klasik tetap muncul, dikala dua set roda berikut jari-jari dan as-nya (hub) tak bisa dibuat ringkas, kecuali dengan membuatnya menjadi lingkaran yang lebih kecil.

Pada teknologi sepeda pada masa kini, beberapa sepeda sudah dapat menghilangkan jari-jari dan as roda sepeda yang berada ditengah-tengah kedua set roda, agar jauh lebih ringkas.

Kemudian teknologi roda tanpa jari-jari dan as roda itu, dikombinasikan oleh sepeda dengan rangka sistim lipat atau folding bike seperti teknologi yang sebelumnya telah ditemukan dalam beberapa dekade terakhir, seperti yang telah disebut di atas.

Tapi dalam desain rangka lipat tetap timbul masalah lain, yaitu bagaimana caranya melipat rangka tersebut sekecil mungkin? Nah, sepeda modern tanpa hub atau as roda dan jari-jari berikut ini mungkin menjadi salah satu ide yang dapat direalisasikan.

sepeda-lipat-tanpa-hub-sebesar-payung-2

Sepeda yang dapat menjawab pertanyaan, bagaimana caranya sebuah sepeda dapat dilepas kedua rodanya yang hub-less, dan dengan cepat rangka sepeda atau bicycle frame dapat dilipat sedemikian kecil hingga mudah dibawa kemana saja.

Selain tanpa hub dan jari-jari, kelebihan kedua dari sepeda ini adalah disain cara melipat yang sedemikian ringak hingga nyaris sebesar sebuah payung!

Sepeda yang dirancang oleh insinyur Italia Gianluca Sada ini adalah sepeda lipat inovatif yang juga dapat ditempatkan ke dalam tas ransel dan sangat cocok untuk dibawa bepergian bahkan saat harus menggunakan transportasi umum. Mari kita lihat pada gambar dan video dibawah ini.

sepeda-lipat-tanpa-hub-sebesar-payung-3

VIDEO: Sada Gianluca – Hubless Foldable Sada Bike – Eurobike

SpedaOntel.wordpress.com

Pos ini dipublikasikan di Info dan Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s