[VIDEO] Mercedes Benz “SMOVER”: Sepeda Pertama Menggunakan Sistim Komputer Canggih

Mercedes Benz Smover

Mercedes Benz merupakan salah satu pabrikan mobil terbesar dari Jerman. Dengan kekuatan nama yang besar, Mercedes dikenal dengan banderol harga yang tinggi untuk setiap produknya, tak terkecuali sepeda.

Sepeda lansiran Mercedes Benz ini memiliki varian yang beragam mulai untuk penggunaan berolahraga, penggunaan sehari-hari, dan untuk anak-anak. Pasti sudah diketahui pula bahwa semua sepeda Mercedes Benz menggunakan bahan carbon yang ringan dan kuat.

Namun pada jenis sepeda yang satu ini, yaitu Mercedes Benz Smover adalah sepeda pertama yang memiliki perpindahan gigi full otomatis yang digerakkan dengan menggunakan sistim komputer canggih dan memilik 8 transmisi kecepatan secara otomatis (8-speed automatic transmission).

Mercedes Benz Smover 03

Mercedes Benz Smover, a computerized bicycle.

Sepeda komputerisasi atau computerized bicycle  ini juga menggunakan sistim gir yang otomatis (automatic gear shift) yang digerakkan oleh komputer, dan gir belakang yang digunakan berada di dalam hub roda belakang yang aman dari air dan lumpur.

Automatic gear shift artinya dalam perpindahan gigi, anda tak perlu memindahkannya secara manual. Cukup teruslah menggowes walau dijalan tanjakan atau turunan.

Hal ini membuat bersepeda semakin efektif, anda tak perlu memikirkan di depan anda ada jalan menanjak atau jalan menurun.

Cukup dengan terus menggowesnya, maka perpindahan gigi akan otomatis bergerak dengan sendirinya. Tapi itu belum semuanya, karena sistem komputer juga mengontrol pertukaran percepatan gigi dan diinterpretasikan dengan sensor yang sama dengan kondisi penggunaan, melibatkan rasio optimal untuk perjalanan.

Pengendara sepeda dapat mendefinisikan itu, dapat memilih antara tiga logika yang telah ditetapkan penggunaannya, kayuhan “ringan“, “normal atau sport” serta dapat memilih rasio secara manual yang mana yang paling disukai.

Pust komputer sepeda berada pada frame dibawah sadel, tepatnya persis pada tulisan Smover"

Pusat komputer sepeda berada pada frame dibawah sadel, tepatnya persis pada tulisan Smover”. Tampak pula kabel sensor pada mono shock yang menghubungkan shock dengan pusat komputer untuk mengirim data. Pada kiri atas adalah battery atau accu yang atasnya juga dapat digunakan sebagai bagasi.

Dilengkapi pula oleh sebuah mono shock atau sebuah peredam kejut tunggal otomatis (auto shock absorber control) yang hanya menggunakan udara dan memiliki sensor, juga terintegrasi dan terhubung ke pusat komputer.

Lalu informasi dari data pada peredam kejut itu tersambung pada sisitim komputer pusat dan membuat anda tetap nyaman pada saat berkendara di jalanan yang bergelombang atau berlubang, dan tetap nyaman dikendarai.

Display dan asesoris elektronik pada stang yang semuanya juga terintergarsi ke pusat komputer yang sama.

Display dan asesoris elektronik pada stang yang semuanya juga terintergarsi ke pusat komputer yang sama.

Peredam kejut tentu saja tidak baru di sepeda, tapi karena dikontrol secara elektronik, belum pernah dilihat sebelumnya.

Dalam prakteknya peredam kejut ini dapat memindai secara canggih menurut kecepatan, keadaan jalanan atau saat mengayuh, unit kontrol pada komputernya dapat terus menyesuaikan pengaturan suspensi canggih ini.

Daya listrik bersumber dari sebuah generator yang berada di hub roda depan yang mana kumparannya tak bersentuh sama sakali dengan as roda. Jadi tak ada beban gesekan antara as dan generatonya walaupun ban depan berputar.

Tapi unik dan canggihnya karena daya listrik dapat tetap tersimpan pada sepeda Mercedes Benz Smover ini. Mengapa unik? Karena sepeda ini tidak memiliki accu atau battery, namun listrik tak hilang pada saat sepeda tak bergerak atau tak digunakan. Wow!

Selain itu, pada dashboard terintegrasi panel digital untuk memantau kecepatan saat melaju, kecepatan rata-rata, jarak yang ditempuh, detak jantung, dan lain sebagainya.

Mercedes Benz Smover 05

Komputer pusat ada dibawah frame yang mengintegrasi semua sistim dari pada sepeda ini.

Sedangkan untuk standarisasi pada lampu depan akan menyala otomatis dikala cahaya disekelilingnya meredup pada saat senja hari atau pada saat pengendara memasuki terowongan.

Sensor cahaya pada lampu dipandu pula oleh kontrol unit yang dapat mengaktifkan atau menonaktifkan secara otomatis pada lampu depan dan belakang.

Yang terakhir ini juga memiliki pencahayaan intermiten ketika sepeda ini bergerak, tetapi dapat berubah menjadi mode daya-rendah (low-power mode) dalam keadaan sedang parkir, walau sepeda ini tak memiliki accu atau battery.

Sedangkan lampu rem pada bumper belakang jauh lebih unik lagi cara kerjanya. Lampu belakang tak tersambung sama sekali dengan sisitim kabel atau sisitim penggerak pada rem pada tangan. Jadi, disaat anda mengerem atau percepatan sepeda merendah, maka rem akan otomatis menyala.

Sistim lampu rem belakang yang langsung terintegrasi ke sistim komputer pusat, bukan ke tuas rem di stang.

Sistim lampu rem belakang yang langsung terintegrasi ke sistim komputer pusat, bukan ke tuas rem di stang.

Sistim rem otomatis ini juga menggunakan komputer yang sama, berpusat dibawah sadel yang bekerja berdasarkan informasi dari pergerakan atau perputaran ban sepeda.

Kemudian informasi pergerakan atau putaran ban berupa data itu akan dibaca dan diolah oleh komputer, lalu komputer akan menyalakan rem belakang secara otomatis.

Artinya pada saat percepatan sepeda anda berkurang walau tanpa menekan tuas rem atau tanpa mengerem pun, lampu belakang sebagai tanda bahwa anda sedang tak mengayuh pedal atau anda  sedang mengurangi kecepatan, akan tetap menyala.

Misalkan saja pada saat kaki anda tak lagi aktif untuk mengayuh, lampu rem belakang juga secara otomatis akan menyala, canggih khan. Bagaimana, anda tertarik untuk memilikinya?

Mercedes Benz Smover 02

Mercedes Benz SMOVER, a computerized bicycle. Automatic gear shift, auto shock absorber control etc. $4000 (From Science Channel).

Sepeda canggih ini dibandrol seharga US$ 4,000 atau Rp 44 juta (kurs US$1 = Rp 11.000) langsung dari harga pabrik, artinya itu belum biaya atau pajak dari daeler resmi dan ongkos kirim serta pajak dari masing-masing negara yang bersangkutan.

Dibanyak banyak negara, terutama yang jauh dari Jerman seperti di wilayah Asia dan Amerika, Mercedes Benz Smover ini dibandrol diatas Rp. 100 juta.

VIDEO: Mercedes Benz Smover

SpedaOntel.wordpress.com

Pos ini dipublikasikan di Info dan Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s