Orang Denmark Ini Rancang Sepeda Bertenaga Matahari

sepeda-solar-panel

Sepeda dengan solar panel. (Foto : Jesper Frausig)

Denmark dikenal sebagai surga pesepeda. Negara di Eropa itu sangat memperhatikan infrastruktur dan kebijakan yang membuat warganya nyaman dalam bersepeda.

https://media.licdn.com/mpr/mpr/shrinknp_400_400/p/4/005/03b/160/24ecbfa.jpg

Jesper Frausig

Warganya pun punya budaya bersepeda. Dari statistik Direktorat Jalan Kota Kopenhagen menyebutkan 16 persen perjalanan di kota Denmark dilakukan dengan menggunakan sepeda dan 24 persen perjalanan kurang dari lima kilometer juga dilakukan dengan bersepeda.

Sedangkan 45 persen anak-anak di Denmark menggunakan sepeda untuk pergi ke sekolah. Setiap orang Denmark bersepeda rata-rata 1,1 kilometer per hari. Dan berarti terdapat 1,2 juta kilometer per hari total jarak dari seluruh pesepeda di Kopenhagen.

Bahkan jumlah tersebut akan meningkat menjadi 36 persen orang dewasa Denmark akan mengayuh sepeda pada akhir pekan. Budaya itu, tentu membuat warganya kreatif dalam bersepeda. Salah satunya adalah Jesper Frausig. Dia membuat sepeda yang dilengkapi dengan panel surya di rodanya.

sepeda-solar-panel2

Sepeda dengan solar panel. (Foto : Jesper Frausig)

Panel surya itu menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi. Lalu panel surya itu dihubungkan dengan batere yang berbentuk botol dan motor hub.

Panel surya itu bekerja ketika sepeda diparkir dibawah sinar matahari. Karena terkena sinar, maka panel surya di roda itu mengisi energi bersih ke batere dan energinya bisa digunakan untuk membantu sepeda berjalan tanpa dikayuh.

Frausig merancang sepeda berpanel surya itu tersebut selama 3 tahun dan membangun dua prototipe. Dia mengklaim bahwa sepeda itu dapat menempuh 70 km dan kecepatan maksimum 50 km/jam (30 mph) dan kecepatan standar 15 mph dengan tenaga dari batere.

Sepeda berpanel surya karya Frausig ini dinominasikan INDEX: Design to Improve Life Awards. (Sumber: treehugger)

sepeda-solar-panel3sepeda-solar-panel4

SpedaOntel.wordpress.com

Pos ini dipublikasikan di Info dan Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s