Tips Merawat Sepeda Ontel

Ridwan Kamil sepeda Onthel 001

Semakin kuno barang yang kita miliki tentunya memerlukan perawatan yang lebih khusus pula, seperti halnya sepeda ontel. Khususnya sepeda ontel yang telah berusia puluhan tahun. Merawat sepeda ontel sudah menjadi keharusan apalagi sepeda ontel tersebut rutin kita gunakan.

Salah seorang pedagang sepeda ontel bekas di Jogja, Waldi (76), berbagi tips bagaimana cara merawat sepeda lawas agar tetap lancar dan terjaga kondisinya.

1. Optimal Memberi Pelumas dan Jaga Kebersihan Sepeda

Terkadang hal ini terasa sepele, tapi perlakuan yang berbeda terhadap sepeda ontel dalam memberi pelumas secara teratur pada rantai, as roda, as pedal, tuas-tuas rem dan sebagainya harus dilakukan. Hal ini bertujuan agar terhindar dari karat, atau menjadi kering dan mekanik dapat macet. Anda dapat menggunakan oli atau minyak gemuk untuk keperluan ini.

Bersihkan rantai, gir depan dan gir belakang, juga versneling (gear) dan kawatnya jika ada, dari kotoran yang menempel. Kebersihan rantai dari debu dan kotoran perlu juga diperhatikan. Jalanan yang berdebu dan becek bisa menyebabkan rantai dan gear gampang kotor dan mengganggu perputaran roda.  

2. Kontrol Rem

Rem bisa selalu optimal jika selalu diperhatikan. Kerusakan biasanya kerap terjadi karena lupa mengontrol rem secara berkala karena lama-kelamaan, karet rem akan menipis.

Maka untuk mengakalinya secara sementara, Anda harus menyetel ulang jarak antara rem dan velg sepeda. Atau lebih mudahnya, dapat juga dengan memutar  kawat batang rem jika terdapat ulir seperti baut. Putarlah ke arah kanan agar jarak antar karet rem dan velg lebih dekat. Atau khusus untuk rem belakang, anda dapat memutar mur pada tuas belakang rem, ke jarak yang membuat karet rem lebih dekat dengan velg.

Lain lagi jika remnya jenis tromol. Untuk menggantinya dengan onderdil lawas sangat sulit karena sudah tak beredar. Contohnya, kanvas rem tromol keluaran lawas, susah mendapatkannya saat ini karena dirasa lebih awet. Kecuali mau memakai yang aspal (asli tapi palsu), keburukannya kanvas rem akan cepat aus dan menjadi licin, maka pengereman akan kurang berfungsi optimal.

3. Meminimalkan Karat

Untuk menghindari karat pada batangan sepeda, sebaiknya jangan terkena udara lembab atau terkena air hujan, maka karat akan lebih cepat terjadi. Jika cat asli sudah tidak ada, alias hanya batangan baja, lapislah dengan menggunakan minyak.

Ada beberapa minyak yang dapat dipakai, seperti minyak kelapa, minyak baby oil, atau minyak goreng yang masih baru. Atau ada juga yang menggosoknya dengan semir sepatu.

Untuk menghilangkan karat pada batangan sepeda, berilah pada permukaan yang berkarat dengan minyak tanah, atau oli atau WD-40 atau minyak rem. Lalu gosok dengan sikat kawat atau amples hingga baja bawahnya terlihat. Lalu bersihkan hingga kering, dan lapisi permukaannya dengan minyak kelapa, minyak baby oil, atau minyak goreng yang masih baru.

Untuk sepeda yang masih ada catnya, hindari meletakkan sepeda di tempat lembab. Jika sering dipakai dan terkena becekan atau basah, segera keringkan. Jika jarang dipakai dan velg ontel menggunakan jenis chrome, gunakan kuas bersih, lapisi velg beserta jari-jarinya dengan minyak baby oil atau oli baru atau minyak goreng baru. Letakkan sepeda ditempat yang kering dan terhindar dari debu, maka karat tidak terjadi.

4. Cucilah dengan air yang bertekanan sedang

Karena produksi tahun lawas, sepeda ontel juga butuh dicuci walau dalam jangka waktu panjang, atau Anda dapat juga mencuci sepada ontel secara berkala. Lepas semua asesoris sepeda ontel yang terbuat dari bahan kulit asli.

Jika tidak dapat dilepas seperti sadel misalnya, tutupi dengan plastik atau sejenisnya agar tidak terkena air karena asesoris dengan menggunakan kulit asli akan lembab jika terkena air dan mudah rusak.

Gunakan air tekanan sedang agar tidak merusak bagian-bagian yang rentan terkelupas. Kemudian bilas dan keringkan hingga bersih.

Jika sepeda sudah tak ada catnya, lapisi batang baja sepeda dengan semir sepatu atau minyak yang tadi disebut diatas. Jika cat sepeda masih utuh, gunakan cairan silikon untuk dashboard mobil agar mengkilat. Jika ada, tutupi sepeda tua dan langka ini dengan tudung agar terhindar dari debu.

5. Buatlah Batangan Sepeda Selalu “Kinclong”

Untuk perawatan terakhir ini, jika sepeda anda masih ada catnya, anda dapat mengkilatkan batangan sepeda dengan menggunakan Kitt silikon khusus dashboard. Dianjurkan memakai jenis dashboard ini karena khusus plastik dan bersifat tidak mengikis cat sepeda Anda.

Jika memakai Kitt khusus untuk mengkilatkan body mobil/motor, bahan itu masih dapat mengikis cat secara perlahan walau tak terlihat mata, mirip san poly atau batu ijo. Gunakanlah Kitt silikon, khusus dashboard mobil, atau Anda dapat membeli silikon di toko kimia.

Jika sepeda anda sudah tidak ada catnya, gunakanlah semir sepatu jika ada yang warna netral (tak berwarna). Jika tak ada semir, gunakanlah salah satu minyak yang sebelumnya telah disebutkan diatas. Simpan sepeda ditempat yang kering, jauh dari debu dan tutuplah dengan kain penutup.

6. Perawatan Asesoris Berbahan Kulit

Hindari asesoris sepeda ontel berbahan kulit dari udara lembab apalagi air. Musuh bahan kulit hanya air, bisa air biasa ataupun air hujan. Hindari juga asesoris sepeda ontel berbahan kulit dari panas terik yang lama, karena akan mengering dan retak-retak!

Untuk merawat asesoris berbahan kulit, gunakan cairan untuk perawatan asesoris dari kulit yang dijual. Jika tidk ada, gunakan semir sepatu secara berkala, karena di dalam semir sepatu terdapat minyak khusus yang dapat melemaskan dan melenturkan bahan kulit.

Jika tidak ada semir sepatu, Anda bisa juga menggunakan conditioner untuk rambut. Pastikan hanya menggandung conditioner, bukan campur shampoo! Conditioner terbuat dari minyak alami yang dapat membuat rambut bahkan bahan dari kulit menjadi lemas dan lunak kembali.

Kadang bahan kulit yang diletakkan ditempat yang lembab akan tumbuh jamur. Agar tak berjamur, berikan bahan-bahan tadi pada bahan kulit secara berkala. Dan jangan lupa untuk meletakkan sepeda ditempat yang kering dan terkena cahaya. Atau dapat juga sepeda ontel Anda jemur dibawah matahari, maksimal 1 jam saja sudah cukup agar air embun yang diserap bahan kulit karena udara lembab, dapat menguap.

Selamat merawat sepeda langka dan sangat berharga milik Anda. Salam onthel.

Arief Yahya, Menteri Pariwisata naik onthelCFD bule onthel jakarta 2014CFD with bule akarta 3-8-2014bule naik onthel bundaran HI CFD 26 Juli 2015

= spedaontel.wordpress.com =

Pos ini dipublikasikan di Tips and Triks. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s