Yerka, Sepeda Pertama di Dunia Yang Tak Bisa Dicuri

sepeda Yerka 05

Sebuah sepeda diklaim sebagai sepeda pertama di dunia yang tersulit digondol maling, atau malah tidak bisa dicuri sesuai julukannya: “The Unstealable Bike”.

sepeda Yerka 04

Cristobal Cabello (22), Andrés Roi Eggers (23) dan Juan José Monsalve (24).

Diklaim sebagai sepeda pertama di dunia yang tidak bisa dicuri, karena sepeda bernama Yerka ini akan tak bisa dikendarai alias rusak dengan sendirinya jika ada orang yang mencurinya!

Konsep sepeda Yerka muncul dari tiga orang penemu muda asal Chili. Mereka adalah Cristobal Cabello (22), Andrés Roi Eggers (23) dan Juan José Monsalve (24), yang pernah menjadi korban pencurian sepeda.

Lalu mereka memutuskan untuk keluar dari kampus mereka selama beberapa waktu untuk merancang sebuah jenis sepeda nan unik.

Sebenarnya dalam upaya untuk mencegah penjahat, sepeda itu sendirilah yang menjadi kuncinya, ya jadi sepeda yang sekalian juga sebagai kunci sepedanya. Unik bukan?

Kuncinya dari batangan (frame) sepeda

sepeda Yerka 08

Batangan frame diagonal sepeda Yerka dapat terbagi / terpotong menjadi dua.

Semua berawal dari ide. Bagian dari batangan frame diagonal-nya dapat terbagi dua. Kedua pangkal batangan frame itu memiliki engsel dan masih terkait dengan frame induk.

Lalu kedua batangan frame yang dapat dipisah itu, dapat digeser ke arah samping sepeda sama-sama horisontal.

Jika kedua pangkal batangan frame itu memiliki engsel dan masih terkait dengan frame induk, maka di masing-masing ujungnya terdapat celah lubang di ujungnya untuk memasukkan batangan lainnya. Batangan yang mana lagi kah itu?

sepeda Yerka 06

Kedua pangkal batangan frame itu memiliki engsel dan masih terkait dengan frame induk.

Batangan untuk menguncinya itu adalah batangan seatpost. Lepas batangan poros kursi sepeda (yang masuk ke dalam batangan frame di bawah sadel). Yarka membuat batangan ini panjang, sepanjang batangan frame sadel.

Lalu, masukkan dan kaitkan batangan sadel itu ke celah lubang di ujung masing-masing batangan frame diagonal yang sudah terbagi dua itu. Klik, kini sepeda pun telah terkunci.

Sepeda dapat diletakkan atau dijepit di sekitar obyek tak bergerak, seperti tiang lampu, besi jembatan, pagar atau lainnya, dan akan menyajikan cukup teka-teki untuk para pencuri.

sepeda Yerka 07

Sepeda dapat diletakkan atau dijepit di sekitar obyek tak bergerak, seperti tiang lampu, besi jembatan, pagar atau lainnya.

Jika sepeda dicuri, maka tak bisa digunakan

Para pencipta sepeda ini mengatakan hanya dibutuhkan waktu 10 detik untuk mengunci sepeda ini.

“Perkenalkan sistem penguncian sepeda yang dirancang untuk membuat kamu merasa aman. Kami kembali ke akar keamanan dan membuat pergeseran paradigma yaitu membuat sistim kunci bukan dari kunci, namun dari sepeda,” tulis website resmi Yerka.

Sekarang, pencuri harus memotong struktur utama untuk mengambil sepeda, mengalahkan tujuan mereka yang ingin mencuri sepeda secara utuh, untuk dapat dipakai atau dijual kembali.

sepeda Yerka 01

Jika kunci dirusak, maka sepeda tak memiliki batangan frame diagonal dan tidak memiliki sadel / jok, maka jiika dirusak, kedua batangan itu akan bengkok / cacat / atau patah dan sepeda tak dapat digunakan.

Kunci dapat dikontrol melalui bluetooth

Selain susah dicuri karena pengamanannya yang “gila”, sepeda Yerka juga tak mau ketinggalan dalam hal teknologi. Untuk dapat membuka atau menutup kunci sepedanya, pemilik sepeda dapat menggunakan Bluetooth yang ada di kunci sepeda dengan menggunakan smartphone pemiliknya.

Untuk mengaktifkannya, pemilik tinggal mengunduh aplikasi Yerka untuk smartphone. Dengan begitu kunci sepeda dapat dibuka hanya dari ponsel sang pemilik melalui bluetooth. Aplikasi pun dapat menggunakan password atau kata sandi, agar lebih aman.

sepeda Yerka 02

Untuk dapat membuka atau menutup kunci sepedanya, pemilik sepeda dapat menggunakan bluetooth.

Trio peneliti ini juga menerima dana hibah sebesar 64.000 poundsterling (sekitar Rp 1,3 miliar) dari pemerintah untuk mengembangkan sepeda ini dan menjual unit pertama mereka melalui situs crowdfunding IndieGoGo.

Sekadar informasi, sekitar 15 juta sepeda di dunia dicuri setiap tahunnya. Ada 110.000 sepeda dilaporkan dicuri hanya di Inggris setiap tahunnya. Belum lagi di Belanda, Jerman atau Perancis. Jadi, semoga dengan adanya penemuan ini bisa mengurangi tingkat pencurian sepeda di dunia, khususnya di Eropa.

Penasaran seperti apa bentuk sepeda anti-maling ini? Simak videonya pada tautan ini. (Mirror / New York Post)

sepeda Yerka 09

= SpedaOntel.wordpress.com =

Pos ini dipublikasikan di Info dan Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s