6 Alasan Mengapa Kita Harus Bersepeda

onthel ontel CFD 2 Juni 2013 - 04

Bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan. Tak hanya ramah lingkungan, bersepeda juga banyak manfaatnya bagi kesehatan.

World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia bahkan merekomendasikan bersepeda sebagai salah satu aktivitas fisik yang baik untuk dilakukan oleh anak-anak hingga orang tua. Berikut 6 manfaat rutin bersepeda:

1. Jantung sehat

Tak dapat dipungkiri bahwa bersepeda menyehatkan jantung. Sudah banyak penelitian yang membuktikan hal ini. Dengan bersepeda, sistem kardiovaskular akan lebih bugar. Ada penelitian yang menunjukkan, bahwa melakukan aktivitas fisik di luar ruangan seperti bersepeda dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular sekitar 3-7 persen.

2. Menguatkan otot

Rutin bersepeda baik untuk meningkatkan kekuatan otot kaki, pinggul, paha, dan juga bagian lutut. Akibatnya, Anda tak mudah mengalami cedera. Bersepeda juga merupakan latihan yang baik dilakukan bagi Anda yang memiliki radang sendi di tungkai bawah.

3. Mengontrol berat badan

Bersepeda secara rutin dapat mengontrol berat badan Anda atau mencegah obesitas. Beberapa penelitian menunjukkan, bersepeda secara konstan selama 1 jam bisa membakar sekitar 300 kalori.

Seperti diketahui, kegemukan merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling berbahaya saat ini. Kegemukan atau menjadi obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, hingga stroke.

komunitas onthel batavia koba header

4. Meningkatkan kordinasi tubuh

Bersepeda merupakan aktivitas fisik yang melibatkan semua bagian tubuh, sehingga meningkatkan keterampilan kordinasi tubuh. Saat bersepeda ada kordinasi antara mata hingga kaki.

Kegiatan bersepeda juga dapat meningkatkan fungsi otak, mulai dari melakukan perencanaan, memori, hingga sinkronisasi.

5. Kesehatan mental

Tak hanya kesehatan fisik yang didapatkan, tetapi juga mental. Bersepeda dipercaya dapat mengurangi stres dan depresi. Saat bersepeda, tubuh akan melepaskan hormon serotonin dan dopamin bersamaan endorfin. Hormon-hormon tersebut membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Bersepeda secara rutin dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sebab, bersepeda dapat meningkatkan produksi sel-sel kekebalan dan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Itulah mengapa bersepeda secara teratur dipercaya dapat memperpanjang usia dan meningkatkan kualitas hidup seseorang. Mengetahui berbagai manfaatnya, tak ada alasan lain bagi Anda untuk tidak bersepeda mulai dari sekarang.

(Sumber: Boldsky.com / via: Kompas Health & National Geographic)

Sepeda-sepeda tua warisan eyang slalu setia mendampingi tunas bangsa ke sekolah.

SpedaOntel.wordpress.com

Pos ini dipublikasikan di Info dan Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s