Dengan Sepeda Onthel, Pendaki Ini Taklukkan 27 Puncak Gunung!

sepeda-onthel-ke-puncak-gunung-01

Ronny Hartono dan sepeda onthelnya yang dia beri nama “Pertiwi Nusantara”.

Saat ini slogan ‘My Trip My Adventure’ tengah menjadi populer di kalangan anak muda. Tapi pernahkah kamu melihat seorang pendaki membawa sepeda onthelnya ke puncak gunung? Ini baru tidak biasa, karena naik ke puluhan puncak gunung dengan sepeda onthel yang bobotnya jauh lebih berat dari sepeda lainnya adalah sesuatu yang sangat luar biasa.

Hal ini dilakukan oleh seorang pria bernama Ronny Hartono. Pria yang sejak masa sekolah memang merupakan anggota pecinta alam ini punya cara tersendiri untuk mengekspresikan hobinya.

sepeda-onthel-ke-puncak-gunung-03

Ronny Hartono sedang mengayuh sepeda onthelnya ketika baru berencana “hanya” menaiki 17 pucak gunung.

Dikutip dari brilio.net, aksi gila Ronny ini adalah mendaki gunung dengan mengajak sepeda onthel tua kesayangannya yang dia beri nama “Pertiwi Nusantara”.

Tidak tanggung-tanggung, hingga saat ini Ronny telah berhasil menaklukan 27 gunung di seluruh Indonesia.

Di tahun-tahun sebelumnya Ronny juga pernah melakukan dua ekspedisi yaitu berjalan kaki dan bersepeda onthel keliling Indonesia, namun kegiatan tersebut masih kurang menantang baginya.

“Onthel saya ini warisan mbah saya, buatan tahun 1946 tapi masih kuat,” ujar Ronny.

Kegiatan luar biasa Ronny ini dimulai pada tanggal 27 Mei 2012 silam, ketika mendaki Gunung Gede di Jawa Barat. Setelah pendakian pertama berhasil, kemudian Ronny melanjutkan untuk menuju gunung-gunung lainnya dengan mengendarai sepeda tuanya tersebut.

sepeda-onthel-ke-puncak-gunung-05

Ronny Hartono dan sepeda onthelnya berpose di Puncak Mahameru di gunung Semeru.

Gunung0gunung yang ia telah daki hingga puncaknya, antara lain Gunung Rinjani di NTB, Gunung Agung di Bali, Gunung Slamet, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Lawu di Jawa Tengah, Gunung Semeru di Jawa Timur dan masih banyak lagi lainnya.

Ronny mengatakan ekspedisi tersebut berakhir pada 17 Agustus 2014 lalu, ketika dia mendaki Gunung Leuser di Aceh yang juga merupakan gunung dengan medan pendakian paling berat dan paling panjang.

“Kira-kira dari bawah hingga puncak bisa sampai 50 km, medannya juga paling susah. Tapi ketika sampai puncak puasnya tidak terkira, apalgi saya tepat menyelesaikan misi ini pada hari kemerdekaan Indonesia,” katanya lagi.

sepeda-onthel-ke-puncak-gunung-02

Ronny Hartono sedang memanggul sepeda onthelnya ketika melalui jalan setapak yang sangat terjal.

Ada beberapa cara yang dilakukan Ronny untuk membawa sepedanya menuju puncak gunung.

Jika medan masih landai maka sepeda akan dinaikinya, ketika medan mulai menanjak, sepeda dia tuntun, dan jika sudah tidak memungkinkan dituntun maka onthel kesayangannya tersebut akan dia panggul.

Ronny mengaku selama ekspedisinya tersebut dia hanya menghabiskan 5 buah ban dari 12 ban yang dia bawa, karena telah memilih ban dari kualitas yang paling bagus.

Ronny bersyukur karena setiap pendakian dia tidak sendirian, namun selalu ditemani oleh mahasiswa pencinta alam (Mapala) dari universitas di kota terkait yang dia kunjungi itu.

“Walau ketika sampai di puncak yang jadi primadona justru onthel saya, mereka berebutan foto dengan onthel saya daripada saya sendiri,” kelakarnya sambil terbahak-bahak. Wah, hebat ya… (sumber: brilio.net / blog.platechno.com).

sepeda-onthel-ke-puncak-gunung-04

Ronny Hartono dan sepeda onthelnya berpose bersama mahasiswa pencinta alam setempat di Puncak Leuser, Aceh.

-= SpedaOntel.wordpress.com =-

Pos ini dipublikasikan di Kisah Bersepeda dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s