Nomer Rangka FONGERS

Cara sederhana mengenali tahun produksi sepeda

Cara pertama : Cek Sepeda anda, catat merknya dan nomor rangka (frame number), kalau mau ambil jalan pintas, monggo ke webnya pak sahid : http://sepedaonthel.com/rangka_sepeda.p​hp, tinggal ketik merk dan nomer rangka.. akan ada jawabannya, jika masih belum yakin cari referensi framenumber melalui website/buku-buku literatur sepeda. (theo de kogel saja bawa contekan disakunya,referensi hitungan frame number beberapa merk sepeda belanda. nanti akan saya publikasikan)

Cara kedua : biasanya F4 kalau gak yakin dengan frame number, mereka akan ambil senter dan melihat tulisan kecil yang menempel di Torpedo/hub belakang. dan kembali mencontek draft tahun klasifikasi torpedo.

Cara ketiga : ini yang bisa dikira2.. coba cek bahan kontruksi rem (tulang-tulang’an rem) pada sepeda anda, lalu bahan dari stang/stir, dan bahan dari dudukan fork/garpu. kalau terbuat daribahan Nikel/vernikel.. maka itu berasal dari tahun sebelum 1930’an… jikalau berbahan chroom/Krom2an.. maka sepedanya setelah 1930an.

Cara Keempat : pastikan ketika memiliki sepeda, semua assesories bukan tambahan, karena assesories juga membantu mendeteksi tahun sepeda, contoh : lampu elektrik yang berpasangan dengan dinamo (satu merk) biasanya setelah tahun 1930’an, sebelum tahun 1920’an biasanya memakai lampu manual (lampu minyak/karbit), juga setopan belakang.. yang memakai mika dan list karet lebih tua daripada setopan reflektor, begitu juga dengan sadel..dengan hanspat.. bahkan boncengan..

Cara Kelima : Pastikan anda mendapatkan sepeda tersebut punya nilai historis yang kuat dan diakui kebenarannya, jangan percaya 100% kalau sepeda ini buatan tahun sekian dan sekian.. inget Hukum dagang, makin lebay pedagangnya mempromosikan ini-itu, makin cepet kepingin barangnya laku. waspadalah..waspadalah…

Mungkin dari lima cara tersebut bisa mewakili keingintahuan kita terhadap umur sepeda, maklum.. namanya khan penggemar sepeda tua.. jadi kenali ke’tua’an sepedamu..

courtesy: Fahmi Saimima

**********************************

-= FONGERS =-

Sistem Pertama (produksi tahun 1902-an) : Penomoran rangka sepeda sangat sederhana yakni sesuai nomer urut produksi.

Sistem Kedua (produksi tahun tahun 1920-1940) : Penomoran rangka sepeda berbasis tahun produksi, seri tipe sepeda dan nomer urut produksi. Misalkan 2042-64, dua angka pertama berarti sepeda produksi tahun 1920, dua angka kedua berarti seri tipe 42, dan dua angka ketiga berarti sepeda ke-64 untuk tahun dan seri tipe sepeda bersangkutan. Contoh lainnya 3506-2, ini berarti sepeda produksi ke-2 untuk seri model 6 pada tahun 1935.

Sistem Ketiga (produksi tahun 1940-1970) : Penomoran rangka sepeda dilakukan dengan kode huruf untuk mewakili tahun produksi.

Tabel 1 : Beberapa nomer rangka Fongers yang tidak lazim / menyimpang

Tabel 2 : Daftar lengkap untuk periode kencan 1940-1970, ketika PFG diakuisisi oleh Batavus

Tabel 3 : Nomer berdasarkan model sepeda laki dan perempuan

Courtesy : Spedaontel & Fongers

*****

SpedaOntel.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s