Nomer Rangka MAGNEET

Cara sederhana mengenali tahun produksi sepeda

Cara pertama : Cek Sepeda anda, catat merknya dan nomor rangka (frame number), kalau mau ambil jalan pintas, monggo ke webnya pak sahid : http://sepedaonthel.com/rangka_sepeda.p​hp, tinggal ketik merk dan nomer rangka.. akan ada jawabannya, jika masih belum yakin cari referensi framenumber melalui website/buku-buku literatur sepeda. (theo de kogel saja bawa contekan disakunya,referensi hitungan frame number beberapa merk sepeda belanda. nanti akan saya publikasikan)

Cara kedua : biasanya F4 kalau gak yakin dengan frame number, mereka akan ambil senter dan melihat tulisan kecil yang menempel di Torpedo/hub belakang. dan kembali mencontek draft tahun klasifikasi torpedo.

Cara ketiga : ini yang bisa dikira2.. coba cek bahan kontruksi rem (tulang-tulang’an rem) pada sepeda anda, lalu bahan dari stang/stir, dan bahan dari dudukan fork/garpu. kalau terbuat daribahan Nikel/vernikel.. maka itu berasal dari tahun sebelum 1930’an… jikalau berbahan chroom/Krom2an.. maka sepedanya setelah 1930an.

Cara Keempat : pastikan ketika memiliki sepeda, semua assesories bukan tambahan, karena assesories juga membantu mendeteksi tahun sepeda, contoh : lampu elektrik yang berpasangan dengan dinamo (satu merk) biasanya setelah tahun 1930’an, sebelum tahun 1920’an biasanya memakai lampu manual (lampu minyak/karbit), juga setopan belakang.. yang memakai mika dan list karet lebih tua daripada setopan reflektor, begitu juga dengan sadel..dengan hanspat.. bahkan boncengan..

Cara Kelima : Pastikan anda mendapatkan sepeda tersebut punya nilai historis yang kuat dan diakui kebenarannya, jangan percaya 100% kalau sepeda ini buatan tahun sekian dan sekian.. inget Hukum dagang, makin lebay pedagangnya mempromosikan ini-itu, makin cepet kepingin barangnya laku. waspadalah..waspadalah…

Mungkin dari lima cara tersebut bisa mewakili keingintahuan kita terhadap umur sepeda, maklum.. namanya khan penggemar sepeda tua.. jadi kenali ke’tua’an sepedamu..

courtesy: Fahmi Saimima

*****

-= MAGNEET =-

Sepeda magneet sulit untuk dikenali tahun produksinya. Sampai akhir perang dunia I, nomor frame dengan empat digit. Selain itu juga ditambahkan huruf abjad, tapi tidak setiap tahun dilakukan.

Barulah Setelah tahun 1945 Magneet memegang dasar sistem penomoran frame yang sama dengan sepeda lain, dengan nomor frame huruf dobel plus 4angka, contoh huruf A ganda, jadi misalnya AA1234.

Pertengahan tahun 50-an magneet beralih ke penomoran frame dengan nomor 1 + 4 digit dipisahkan dengan spasi atau tanda hubung, misalnya 1-2345. Urutan penomoran tidak diketahui di sini. Angka-angka ini digunakan untuk tahun pertengahan 60-an.

Penjualan Magneet dan Batavus di tahun 1969 sangat populer, kemudian mengurutkan frame number dengan lebih tertib, dengan 6 digit nomor dari 000.001 sampai 100.000.

courtesy : Fahmi Saimima

*****

 SpedaOntel.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s