Tip & Tricks: Membuat “Klip Cantolan Senapan” (Rifle Mounting Clips) di Sepeda Tua

bsa_mark_v header

Tips ini diambil dari seorang pecinta sepeda tua, lalu kami terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan ditambah beberapa penjelasan dan keterangan lainnya. Jadi, ‘pekerjaan rumah’ nan kreatif ini sudah dipraktekkan untuk sepeda yang dulunya memang dibuat untuk prajurit perang, yaitu sepeda onthel tua merk BSA jenis Mk.V, buatan Inggris.

Rifle Mount Clip

Kami telah memulai proses yang melelahkan untuk mencoba membuat klip senapangaya lama’ (old style) ini, dengan menggunakan sepeda onthel tua milik saya yang asli, bermerk BSA Mk.V besutan tahun 1942 sebagai prototype sekaligus “bahan percobaan”.

Tapi sebelumnya, mari kita lihat terlebih dahulu foto berikut, yaitu sepeda onthel tua BSA Mk.V 1942, dengan klip senapan aslinya:

BSA

Sepeda onthel merk BSA tipe Mk.V tahun 1942 asli, lengkap dengan cantolan atau klip senapan yang juga masih asli. (pict BSA Museum).

Kini, kita lihat sepeda milik saya yang telah dimodifikasi sebagai prototype dari perkerjaan rumah saya, yaitu pembuatan ‘cantolan senapan’ dengan cara “mencontek” gambar sepeda onthel lengkap dengan ‘cantolan senapan’ yang asli pada foto diatas ini.

Berikut ini adalah foto sepeda saya yang juga bemerk BSA asli, namun kini lengkap dengan pekerjaan tangan saya yaitu: ‘cantolan senapan’ yang telah berhasil saya buat:

cantolan senapan header

Hasil pekerjaan tangan: Sepeda onthel merk BSA tipe Mk.V tahun 1942 yang juga asli, kini lengkap dengan ‘cantolan senapan’ hasil buatan sendiri.

Bagaimana menurut anda setelah melihat foto diatas? bisakah anda membedakan asli atau tidak? lumayan rapikah? Sangat mirip, bahkan mendekati seperti aslinya.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah bahwa senapan dipasang pada sisi yang berlawanan dengan foto sepeda sebelumnya (yang asli). Mengapa demikian?

Ini adalah senapan merk Geoff. Dan foto tersebut diambil setelah sepeda dipakai oleh mekanik saya… dan dia kidal.

Mekanik saya yang juga menyukai sepeda onthel kuno mengatakan, bahwa pada masa lalu, pengendaranya – yaitu prajurit perang – harus mampu meraih senapannya dengan cepat dalam keadaan darurat dan harus mampu langsung menembak dengan waktu yang jauh lebih cepat pula.

Semua itu hanya dapat dilakukan oleh setiap prajurit, jika senapan mereka masing-masing diletakkan pada sisi sepeda dalam posisi yang ‘benar’, yang kidal disisi kiri dan yang tak kidal disisi kanan.

Jadi kami juga sudah lama berdiskusi tentang hal-hal yang menarik termasuk mengenai apakah benar atau tidak, bahwa selama Pedang Dunia-2 (WW2), cantolan senapan bagian depan dapat digunakan untuk meletakkan senapan dengan cara terbalik untuk pengendara kidal.

Setelah bekerja dengan biaya produksi sendiri untuk prototipe ini, kita juga berencana akan membuat beberapacantolan senapan’ (rifle mounts) yang lebih banyak selama musim dingin, meskipun kami akan membuat sisi kanan yang lebih konvensional. Ini bukan latihan komersial; semua cantolan itu hanya akan digunakan untuk sepeda saya.

Berikut ini adalah beberapa gambar rinci prototipe yang saya buat dan dapat juga anda buat sendiri untuk sepeda anda dirumah.

CANTOLAN DEPAN (FRONT CLIP)

Berikut gambar-gambar rinci dari dekat dekat cantolan sisi depan (front clip) untuk senapan pada posisi kiri (kidal). (klik pada gambar untuk memperbesar):

rifle_clips_02 rifle_clips_03

rifle_clips_04rifle_clips_05

CANTOLAN BELAKANG (REAR CLIP)

Berikut gambar-gambar rinci dari dekat dekat cantolan sisi belakang (rear clip) untuk senapan. (klik pada gambar untuk memperbesar) :

rifle_clips_09rifle_clips_20 rifle_clips_12

Foto cantolan sisi belakang (rear clip) dalam jarak dekat. (klik pada gambar untuk memperbesar) :

rifle_clips_10 rifle_clips_211

Demikianlah foto-foto dari saya tentang ‘cantolan senapan’ yang berhasil saya buat, dan kini saya harapkan pula anda juga dapat membuatnya untuk sepeda onthel tua anda di rumah.

Semoga anda berhasil membuat rifle mount clip ini, supaya sepeda anda dapat disertai dengan senjata yang disandangnya lagi, mirip seperti sejarah sepeda itu pada masa lalu.

SpedaOntel.wordpress.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s